Selasa, 28 Juni 2011

SAMSUNG CB-21M17MLH PROTEK

beberapa hari yang lalu dapet servisan tv SAMSUNG CB-21M17MLH 21"flat. TV ini menggunakan IC tunggal SS46941A, STR 5Q0765RT, dan IC vertical LA78040 dengan gejala kerusakan "PROTEK" (ON sesaat kemudian kembali standby). saat ON sempat terlihat raster tidak penuh atas bawah(raster hanya ada di tengah2 layar dengan tinggi sekitar 15cm) jika dilihat dari gejala nya kemungkinan yang menyebabkan TV ini PROTEK adalah problem di bagian VERTICAL. setelah casing dibuka dan melakukan pengecekan secara visual, ternyata tv ini kemungkinan sudah pernah diservis oleh pihak lain, terlihat dari bekas solderan di beberapa titik termasuk di bagian VERTICAL nya. elco2 di bagian veretical saya ganti namun problem masih tetap sama, akhirnya ic nya coba saya ganti dengan no part STV9302 karena stok LA78040 sedang kosong. coba nyalakan lagi alahamdulillah TV nyala (gak langsung protek) tapi tetap dengan kondisi raster tidak penuh atas bawah, coba colokkan kabel antena gambar dan suaranya keluar. hmmh....mungkin setting data ajusment V-SIZE nya kurang. ups...baru mau saya matikan(standby) untuk masuk ke SERVIS MODE, karena memang untuk masuk ke SERVIS MODE TV SAMSUNG harus posisi STANDBY kok tv nya dah mati (standby) duluan, PROTEK LAGI nih....ya sudah gak apa2 coba saya masuk ke SERVIS MODE dengan cara tekan tombol DISPLAY + MENU + MUTE + POWER muncul deh menu SERVIS MODE nya, dengan cepat saya tujukan pointer pada posisi ajusment DEFLECTION, disini ada settingan untuk V-AMP, V-SHIFT, H-SHIFT, V-LINEARITY, V-SC, V-COMP, V-DC, dan ternyata nilai V-AMP nya 0 . langsung saya rubah nilai V-AMP untuk mengatur ketinggian gamabar dan setelah tinggi nya sesuai tv pun gak PROTEK lagi.langsung saya matikan tv dengan tombol power remot(standby) untuk menyimpan settingan, coba nyalakan lagi dan ALHAMDULILLAAAAAH.........sekarang gamabar nya normal dan gak PROTEK lagi.....

5 komentar:

silahkan beri komentar ataupun masukan